Embracer Group Konfirmasikan Tindak PHK Terhadap Total 900 Karyawan Mereka Dalam Empat Bulan Terakhir (Fadl Mustafa Az-Zuhriy Supriyono)

Embracer Group Konfirmasikan Tindak PHK Terhadap Total 900 Karyawan Mereka Dalam Empat Bulan Terakhir

Oleh: Fadl Mustafa Az-Zuhriy Supriyono


Gambar 1. Logo Embracer Group.


Embracer Group, sebuah perusahaan induk pemegang studio game asal Swedia, telah mengumumkan melalui press release pada 17 November 2023 bahwa mereka telah melakukan tindak PHK terhadap kurang lebih 904 karyawan, yang membentuk 5% dari total tenaga kerja mereka. Tindak PHK ini dilakukan dari bulan Juni sampai September tahun ini, yang diselingi dengan pengecilan (downsizing) dari berbagai studio dan penerbit game dibawah naungan Embracer Group. Ditengah tindak PHK dan pengecilan yang dialami oleh anak perusahaan Embracer, tentu pula banyak proyek game yang dibatalkan juga. 


Sebelumnya, rencana untuk melakukan “restrukturisasi” perusahaan sudah diumumkan lebih dahulu melalui open letter dari CEO Lars Wingefors yang diumumkan pada bulan Juni kemarin. Pengumuman ini  meliputi tindak PHK karyawan, pengecilan anak perusahaan, dan, menurut laporan, pertimbangan penjualan studio dan penerbit game. Open letter ini kemudian diikuti dengan tindak PHK bertahap terhadap karyawan-karyawan dari anak perusahaan mereka. Beberapa anak perusahaan terkenal (dengan contoh game terkenalnya) yang terpengaruh oleh keputusan ini adalah: 


  • Crystal Dynamics (Pengembang; Serial Remake Tomb Raider): PHK Karyawan. 

  • Volition (Pengembang; Serial Saint’s Row): PHK Karyawan, Penutupan Studio.

  • Gearbox (Pengembang, Penerbit; Serial Borderlands, Serial Risk of Rain, Serial Remnant): PHK Karyawan, Pertimbangan Penjualan Perusahaan.

  • Beamdog (Pengembang; Remaster Serial Baldur’s Gate, Mythforce): PHK Karyawan. 

  • Cryptic (Pengembang; Star Trek Online, Neverwinter Online): PHK Karyawan. 


Lima perusahaan ini hanyalah contoh paling terkenal dari puluhan anak perusahaan Embracer yang terpukul dengan tindakan PHK ini (seperti Cabal Studios yang ditutup meski baru saja dibentuk beberapa bulan sebelumnya), yang dimana karyawan-karyawan yang ter-PHK sendiri meliputi 713 Karyawan Internal (511 Pengembang dan 202 Non-Pengembang) dan 191 Karyawan Eksternal, dan sebanyak 15 proyek yang tidak berjudul telah dibatalkan sepenuhnya. 


Embracer Group sendiri sebetulnya tahun ini mempunyai rilisan lumayan, dengan game baru yang cukup sukses seperti Remnant 2, Dead Island 2, dan Risk of Rain Returns, meskipun ada juga beberapa rilisan gagal seperti Remake dari game pertama dalam serial Saint’s Row dan juga Payday 3. Karena ini faktor rilisan gagal tidak terlalu mempengaruhi PHK massal yang terjadi. Faktor utama dari jatuhnya Embracer Group ke dalam situasi PHK massal lebih ke sikap ceroboh dari sang perusahaan induk yang dimana mereka gagal mengamankan kontrak dengan perusahaan bernama Savvy Games dari Arab Saudi. Kontrak tersebut merupakan perjanjian pendanaan sebanyak 2 Miliar Dollar AS, yang jika digabungkan dengan fakta bahwa Embracer pada tahun 2021 dan 2022 mengakuisisi dan membeli massal berbagai macam perusahaan game, bisa langsung dimengerti bagaimana mereka bisa sampai pada situasi PHK massal ini. 


Tindak PHK massal ini pastinya akan membawa dampak buruk besar yang akan sangat terasa di dalam industri game, dan peristiwa ini sendiri adalah bukti bahwa tahun yang penuh dengan rilisan bagus bukan berarti tahun yang bagus untuk orang-orang yang bekerja dalam industri. Ini juga bukanlah peristiwa atau kasus unik ataupun baru bahkan di tahun ini, Bungee dan TellTale Games juga menghadapi masalah PHK massal sebagai contohnya, yang kita bisa lakukan hanyalah mendukung pengembang game yang telah kehilangan pekerjaannya serta karya mereka sebaik mungkin, dan menekan industri game dan petinggi perusahaan game untuk lebih bijak dalam melindungi hak pekerja mereka dan tidak ceroboh dalam membuat keputusan finansial, karena akuisisi massal oleh perusahaan game besar tidak selalu bertanda maupun berakhir baik.






SUMBER


https://www.ign.com/articles/embattled-embracer-group-confirms-more-than-900-staff-laid-off-so-far-and-warns-of-more-to-come


https://www.gematsu.com/2023/06/embracer-group-announces-large-scale-restructuring-program-including-layoffs-studio-closures-and-game-cancellations


https://www.polygon.com/23963744/embracer-group-layoffs-tomb-raider-lotr-restructure


https://www.rockpapershotgun.com/embracer-close-volition-developer-of-red-faction-and-saints-row


https://www.rockpapershotgun.com/gearbox-and-crystal-dynamics-owner-embracer-announce-900-layoffs-after-one-of-our-strongest-quarters-for-new-releases-ever


https://www.rockpapershotgun.com/star-trek-online-and-neverwinter-mmo-devs-cryptic-are-the-next-embracer-owned-studio-to-suffer-layoffs


https://www.rockpapershotgun.com/embracer-lays-off-devs-at-mythforce-studio-just-days-after-the-release-of-its-cartoony-co-op-fps


https://www.gamedeveloper.com/business/report-embracer-has-made-layoffs-at-gearbox-publishing


https://www.gamedeveloper.com/business/report-embracer-s-era-of-self-sufficiency-begins-with-the-closure-of-campfire-cabal


https://www.eurogamer.net/embracer-group-layoffs-hit-tomb-raider-developer-crystal-dynamics


https://www.eurogamer.net/embracer-reportedly-considering-selling-borderlands-developer-gearbox





 

Komentar